Miris, Indonesia Hanya Jadi Target Pasar Semata

By Redaksi 11 Mei 2018, 15:54:44 WIB | dibaca: 332 pembaca 

Miris, Indonesia Hanya Jadi Target Pasar Semata




<.br>

BOGORnews.com:::Sekretaris Umum BPC HIPMI Kota Bogor, A. Zulfikar Priyatna merasa prihatin terhadap cara pandang para pengusaha internasional yang hanya memandang Indonesia sebagai target market Pasar semata dan bukan sebagai negara pesaing. 

Hal itu diungkapkan saat disela acara Musyawarah Cabang (MUSCAB) ke-6 dengan tema “Menuju Wirausaha Muda Kota Bogor Yang Berkompetensi Dalam Menghadapi Tantangan Usaha Milenial” di Hotel Pangrango 2, Kota Bogor, Rabu (9/5/2018)

"Dalam salah satu forum intensional para pengusaha di Hong Kong, saya sebagai wakil dari Indonesia merasa miris. Para pengusaha membicarakan masa depan pertumbuhan ekonomi Asia."

"Sedih, Indonesia selalu dibicarakan. Tapi bukan kapasitas sebagai negara pesaing melainkan sebagai negara target market yang sangat menggiurkan," ucapnya. 

Zulfikar melanjutkan, negara-negara lain diskusi dengan penuh semangat, bagaimana caranya mereka bisa tembus di pasar Indonesia. Apalagi mengetahui bahwa kelas menengah di tanah meningkat  dan pertumbuhan ekonomi makro di Indonesia sangat baik. 

"Para pengusaha di tanah air mestinya harus sadar,  ada orang asing yang sedang ingin masuk ke rumah kita. Tapi sayangnya, para pengusaha menengah kita masih tenang-tenang saja, "tandasnya. 

Sayangnya,  Indonesia masih berkutat dengan problem yang sama,  bagaimana menumbuhkan wirausaha. 

"Semestinya tidak harus berkutat di sana terus.  Tapi bagaimana caranya wirausaha mampu bersaing, bersaing tidka hanya pasar lokal saja tapi pasar global."

Posisi Indonesia kata Zulfikar, sangat kejepit. Diadu dengan produk massal,  jelas kita kalah dengan Vietnam dan China yang ongkos produksinya rendah. Bersaing dari sisi teknologi,  akan kalah dengan Jepang. 

"Masalah-masalah di wirausaha harus segera diselesaikan,  sebab kita bisa terancam kemunduran dari sisi ekonomi dan memicu problem sosial.  Kami dari Hipmi sangat sadar benar dengan kondisi tersebut, "pungkasnya (DimasFery) 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article
  • Natrual Foods

    i'm ordinarily looking on-line for posts which can help me. there's of ...

    View Article
  • VIDEO MARKETING

    sure, first-rate US military pressure. also, in his put up you have given a danger ...

    View Article