Mimpi GTP, Ingin Wujudkan Bogor sebagai Pusat Kota Durian

By Redaksi 29 Jul 2017, 17:59:04 WIB | dibaca: 257 pembaca 

Mimpi GTP, Ingin Wujudkan Bogor sebagai  Pusat Kota Durian

BOGORnews.com ::: Dahulu Kota Bogor dikenal sebagai pusat kota durian. Durian  dengan aroma yang khas dan rasa dagingnya yang lezat banyak dihasilkan di kota ini.  Sehingga tak heran bilamana banyak warga luar kota datang ke Bogor untuk berburu buah durian.

Seiring dengan perjalanan waktu, lahan untuk pohon durian semakin menyusut.  Tergerus oleh roda pembangunan.  Akibatnya, buah durian yang lezat sulit dicari.  

"Kalau pun ada,  hanya ada durian Rancamaya dan Cimahpar,  dua wilayah ini yang masih memiliki banyak pohon durian. Tapi jumlahnya tidak terlalu banyak,"ujar inisiator Gerakan Tanam Pohon (GTP), Herry Cahyono usai melakukan aksi tanam pohon di halaman RRI, Jl.  Pangrango,  Kota Bogor,  Sabtu (29/07/2017).

Ia menandaskan,  sebagai anak bangsa,  dirinya bersama komunitas GTP memiliki mimpi ingin mengembalikan Kota Bogor sebagai pusat kota durian.

"Ini mimpi anak bangsa yang sangat peduli dan mencintai kota Bogor.  Ini juga merupakan  bagian dari memuliakan leluhur kita. Makanya setiap aksi GTP,  kita selalu menanam pohon durian. Ini juga kita persembahkan kepada sahabat kami Kang Ages,  yang sangat peduli terhadao lingkungan,"tandasnya.

Ia pikir,  untuk mengembalikan Kota Bogor sebagai pusat kota durian tidaklah sulit walaupun tentu perlu kerja keras.  Meski pun saat ini lahan untuk menanam pohon sudah mulai menipis.

"Kita memiliki Kampus IPB yang bisa menghasilkan  beragam jenis tanaman durian yang bisa tumbuh cepat dengan buahnya yang lezat.  Kita bisa memanfaatkannya.  Sehingga mimpi untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai pusat kota durian bisa twrwujud, "paparnya.

"Kalo soal keterbatasan lahan,  kita cari lahannya yang masih tersisa.  Semoga apa yang kita lakukan setiap minggu dengan aksi tanam pohon  bisa menambbah jumlah pohon durian yang ada di Kota Bogor," pungkasnya.

Sementara Kepala Lembaga Penyiaran Publik - LPP RRI Bogor Ir. Arneti sangat mengapresiasi kegiatan aksi yang dilakukan oleh komunitas GTP. Ia berharap gema aksi ini bisa menebar ke tempat lain seperti Kabupaten Bogor.

"Saya sangat mengapresiasi ide dan gagasan dari teman-teman di GTP.  Aksi mereka. merupakan sumbangsih yang sangat luar biasa kepada anak-cucu kita kelak di kemudian hari,"ujarnya.

"Insya Allah setiap kegiatan GTP,  kita akan kirimkan tim atau reporter untuk melakukan  siaran  langsung atau melakukan dialog.  Sesuai tupoksi RRI,  kita akan terus melakukan siaran agar sosialisasi bisa sampai ke masyarakat.  Sehingga masyarakat sadar,  pentingnya menjaga lingkungan.  Mereka akhirnya mau menanam setiap jengkal lahan yang ada dengan menaman pohon, "pungkasnya. *(Dimas Ferry)








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article
  • Program Kasir

    Makin rusak aja nih pergaulan anak zaman sekarang. Harusnya ada program atau aturan ...

    View Article
  • Harga Speaker Terbaik

    Harga Speaker Terbaik ...

    View Article


BOGOR WEBSITE