Merawat Budaya, Ikhtiar Nyata Menjaga NKRI

By Redaksi 14 Nov 2017, 09:47:42 WIB | dibaca: 128 pembaca 

Merawat Budaya, Ikhtiar Nyata Menjaga NKRI

Kopka Darmawan

BOGORnews.com ::: Merawat budaya lokal bagian dari ikhtiar nyata dalam menjaga keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikian dikemukakan oleh anggota Kopassus Batalyon 14 Grup 1, Kopka Darmawan. Minggu (12/11/2017)

Kopka Darmawan menghadiri kegiatan peluncuran penanaman sejuta pohon kawung, babakti dan pengukuhan pengurus Baraya Kujang Pajajaran (BKP) di Situs Megalitikum Cibalay, Gunung Salak, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor.

Darmawan mengatakan, Indonesia merupakan Negara adidaya dunia di bidang budaya. Kekayaan dan keragaman budaya yang dimiliki bangsa ini harus dijaga dengan baik oleh semuapihak, termasuk komunitas budaya Sunda.

“Tatar Sunda memiliki kekayaan dan keragaman cagar budaya warisan leluhur. Di Gunung Salak saja terdapat banyak sekali peninggalan sejarah purbakala. Begitu juga di Gunung Kars Ciampea, Gunung Sodong dan tempat-tempat lainnya di Bogor,” ujar Darmawan.

Darmawan sendiri kendati tercatat sebagai prajurit Kopassus, namun ia tercatat konsen dalammelestarikan cagar budaya dengan merawat Situs Gunung Karst Ciampe dari ancamankepunahan.

Situs Gunung Karst merupakan warisan alam dan cagar budaya peninggalan Kerajaan Tarumanagara abad ke-4 M. Lokasi situs ini berdekatan dengan Situs Ciaruteun, yang menimpan prasasti batu tapak gajah Prabu Purnawarman.

“Gunung Karst Ciampe menyimpan banyak file purbakala bangsa yang ahrus dijaga. Situs inibukan hanya milik masyarakat Sunda, melainkan sebagai asset berharga bangsa Indonesia,” ujar Darmwan.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polres Bogor Kota, Kompol Bektiyana mengungkapkan, masyarakat Jawa Barat perlu terlibat aktif dalam melestarikan warisan budaya peninggalan leluhur Sunda.

Keberadaan situs purbakala seperti Cibalay atau di tempat lainnya di Bogor perlu terus dilestarikan, agar menjadi pelajaran berharga bagi generasi mendatang.
Bektiyana mengungkapkan, menfaat keberadaan Baraya Kujang Pajajaran (BKP) perlu terus ditingkatkan lagi, sehingga bisa menjaga nilai-nilai Sunda dari ancaman budaya asing yang masuk.

“Di Solo ada Museum Keris Nusantara. Saya berharap ke depan di Bogor terdapat MuseumKujang,” papar Bektiyana.

Pangaping BKP, Wahyu Kujang menambahkan, budaya merupakan factor kunci dari eksistensisebuah bangsa. Bila budaya sebuah bangsa rusak atau hancur, hanya soal waktu bangsanyaakan punah.

“Menghancurkan sebuah bangsa dilakukan dengan perusakan budaya, penghancuran sejarah,dan perusakan moral generasi muda. Di sinilah letak penting budaya dalam menjagakelangsungan bangsa,” pungkas Wahyu (*)
 








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE