Mengenal Pasar Lenteng Agung

By Redaksi 07 Mei 2018, 07:27:48 WIB | dibaca: 206 pembaca 

Mengenal Pasar Lenteng Agung




BOGORnews.com ::: Pasar Lenteng Agung adalah pasar tradisional yang terletak di Jalan Raya Jagakarsa. Secara keseluruhan, pasar lenteng ini tidak jauh berbeda dengan pasar pada umumnya, namun letaknya yang strategis  karena dekat dengan stasiun Lenteng Agung. Di sisi jalan tepat depan pasar sering terjadi kemacetan karena angkutan umum yang sering berhenti, dan juga banyak pedagang jalanan di luar kawasan pasar.

Pasar Lenteng ini dulu beralasan tanah, kini beralasan keramik putih, lebih bersih dan juga lebih teratur. Tidak sebagus pasar swapasar modern, pasar lenteng tetap menjadi pasar yang penuh pelanggan. Pasar ini dikelola oleh PD Pasar Jaya. Harga yang di jual di pasar lenteng cukup mahal karena pasar lenteng bukanlah pasar induk dan barang-barang yang dijual di pasar tersebut dibeli dari pasar kramat jati, pasar minggu.

Terdapat dua lantai, yakni lantai dasar dan lantai bawah tanah. Di lantai dasar terdapat kios-kios yang menjual berbagai pakaian, ada pakaian sekolah, kaos, terdapat juga kios alat tulis, perhiasan, makanan ringan dan peralatan-peralatan rumah tangga.

Di lantai bawah terdapat kios-kios yang menjual berbagai bahan makanan, sayur-sayuran, beras, telur, ayam, daging, ikan, dan berbagai macam bumbu dapur.

Keuntungan berbelanja di pasar tradisonal adalah bisa menawar jika harga barang itu dibilang cukup mahal, beda dengan di supermarket seluruh harga tidak bisa ditawar.

Isna, salah satu pembeli yang setiap harinya berbelanja di pasar tersebut mengatakan pedagang dan pembeli sudah saling mengenal sehingga proses transaksi tawar menawar cukup cepat. Kebanyakan pedagang juga sudah mempunyai pelanggannya masing-masing. Menurut Isna juga pasar Lenteng kini sudah bersih dan teratur tidak kotor dan becek lagi. Parkiran untuk pengunjung juga sudah ada, kurang nya hanya ketika ingin masuk pasar banyak angkutan umum yang berhenti di depan sembarangan sehingga menyulitkan para pengguna kendaraan pribadi.

Pasar tradisional membuat kehidupan sosial antar sesama bisa tarasa lebih hidup, dan juga pasar tradisonal menjadi wadah bagi masyarakat Indonesia.

Penulis :
Natasha Nur Ananda, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Mentari Kasih 08 Mei 2018, 21:24:37 WIB

    Asal menawarnya yang wajar ya, tidak apa-apa.. jangan keterlaluan;)

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article