Masjid Agung Bogor Pertahankan Tradisi Membaca Kitab Barjanji dan Marhaba

By Redaksi 15 Feb 2014, 16:46:20 WIB | dibaca: 1708

Masjid Agung Bogor Pertahankan Tradisi Membaca Kitab Barjanji dan Marhaba




BOGORnews, == Berbeda dengan masjid – masjid lainnya yang berada di tengah Kota Bogor, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Agung  di Jalan Dewi Sartika Pasar Kebon Kembang Bogor Tengah masih mempertahankan tradisi membaca Kitab Berjanji dan Marhaba,  Ratib Hadad, dan pembacaan Asmaul Husna.

Seperti pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di yang digelar Sabtu (15/2/2014), yang disemarakan pembacaan Kitab Barjanji dan Marhaba berisi shalawatan dan puji-pujian kepada Rasulullah SAW yang  dibaca melalui kitab Barzanji. Selain itu diiringi pula dengan alat musik qosidah seperti rebana.

Senandung puji-pujian kepada Rasulullah SAW dipimpin oleh Al Habib Hasan bin Abdul Qodir Al-Atas dari Empang, dan KH.Dudi Djuhdi salah satu tokoh Nahdhatul Ulama (NU) Kota Bogor.  “ Tradisi ini tidak akan dihilangkan walaupun disejumlah Masjid di Kota sudah menghilangkan tradisi seperti ini, “ kata Nurdat Irhamsyah salah satu pengurus DKM Masjid Agung Bogor.

Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut sejumlah pejabat hadir antara lain Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan pembangunan  Sekretariat Daerah Kota Bogor Azrin Syamsudin anggota DPRD Kota Bogor Yusuf Dadiri, Pengurus MUI Kota Bogor, Ketua Baznas Kota Bogor. Khotib Malik 

Selain itu para para pengurus dan sesepuh DKM, alim ulama tokoh masyarakat  dan dari pengajian Badan  Majlis Ta’lim dan Masjid (BKMM) Kota Bogor. Tampil sebagai penceramah dalam Maulid Nabi tersebut penceramah KH. Saeful Sardi Jayadi pimpinan pondok pesantren Al Iman Cisarua Kabupaten Bogor.

Ketua DKM Masjid Agung Bogor Ustadz. Dede Supriatna, berharap, dengan berkumpulnya bermuazaah bersilaturahim untuk memperingati kelahiran Nabi kita Muhammad SAW akan dicatat sebagai amal sholeh  oleh Allah SWT. Karena, setiap perjalanan  kaki menuju Majlis Ta’lim menuju Masjid InsyaAllah pahalanya seperti ibadah  selama tahun, “ kata Dede.

Dede  mengajak melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bisa memotret bagaimana figur Rasullah SAW  bisa terapkan ahlaqnya, suri taulandannya dalam kehidupan sehari-hari.
   
Sementara itu, Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Azrin Syamsudin yang hadir mewakili Walikota Bogor mengingatkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang setiap tahun diselenggarakan sebagai wujud kecintaan dan kerinduan kepada sosok manusia sempurna yang patut dcontoh dalam menjalani kehidupan ini.

Azrin mengajak kepada para jamaah untuk memperbanyak shalawat dan mengkuti nasihat-nasihat yang disampaikan oleh para lama, dan para guru yang selalu mengingatkan untuk hidup dijalan yang lurus, jalan kehidupan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. (redaksi)
 
 
Teks Foto : Ratusan Jamaah Maulid Nabi Muhammad SAW Masjid Agung Bogor saat membaca Marhaba 





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • plcmpj

    viagra online pharmacy net http://canadian-pharmacie.com <a ...

    View Article
  • cecileko60

    Started up to date cobweb throw http://summer.ablogs.relayblog.com/?post.jordyn ...

    View Article
  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article