LIPI Lauching MUNASAIN, Siap Pikat Anak Now Datang ke Museum

By Redaksi 16 Mei 2018, 22:54:20 WIB | dibaca: 140

LIPI Lauching MUNASAIN, Siap Pikat Anak Now Datang ke Museum




BOGORnews.com:::Setelah mengalami revitalisasi selama kurang lebih dua tahun, akhirnya Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)  dibuka secara utuh. Museum ini merupakan pengembangan dari Museum Etnobotani Indonesia (MEI) yang didirikan tahun 1982.

Tampilannya fisik bangunan terutama tata letaknya lebih fresh dan kekinian dengan permainan cahaya (lighting) yang sangat menarik . 
Ruang introduksi yang di Launching kali ini secara fisik berubah total dari sebelumnya, yang terkesan kaku dan old. 

"Tampilan barunya sengaja kami buat lebih edukatif, komunikasi dan interaktif. Kami ingin membuat museum yang lebih modern. Unsur edukasi dan entertainment kita ingin kolaborasikan. Sehingga pengunjung terutama generasi milineal atau anak now bisa enjoy dan menikmati selama berada dalam museum," ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Prof.  Dr.  Enny Sudarmonowati ketika melaunching Ruang Introduksi MUNASAIN, Rabu (16/5/2018).

Guna mendukung sebagai museum modern, lanjutnya, Munasain dilengkapi ruang multimedia. Di ruang yang berukuran 10 x 5 meter dengan kapasitas tempat duduk sekitar 50 orang,  para pengunjung bisa menyaksikan pada layar lebar video tentang panorama,  sejarah alam,  budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia. 

"Kami akan terus kembangkan museum ini. Pengembangannya secara bertahap dari lantai per lantai karena keterbatasan dana. Namun demikian sudah ada story line untuk keseluruhan lima lantai," paparnya. 

Sementara itu Kepala Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, Joeni Setijo Rahajoe kepada Bogornews.com mengungkap, untuk menarik minat masyarakat terutama generasi muda agar mau berkunjung ke Munasain,  pihaknya akan melakukan berbagai acara. 

"Akhir bulan ini,  kami akan mengadakan kegiatan berupa ngabuburit di museum. Ini kami lakukan untuk menarik minat generasi milenial untuk datang ke museum,"ujarnya. 

Dalam rangka Ulang Tahun Museum Nasional Sejarah Alam ke 2 dan memperingati hari Museum Internasional,  lanjut Joeni, pihaknya akan mengadakan Open House selama dua hari. 

"Open House digelar selama dua hari,  17 dan 18 Mei. Open House gratis, "tandasnya. 

Terkait masih banyaknya pengembangan yang akan dilakukan di Munasain, di satu sisi dana yang tersedia masih sangat terbatas, pihaknya juga akan mengelar charity atau penggalangan dana. 

"Kami juga akan mengelar penggalangan dana untuk pengembangan Munasain ke depan dengan merangkul perusahaan-perusahaan yang memiliki program CSR."

"Saat ini sudah ada beberapa donatur baik individu maupun perusahaan yang peduli terhadap keberadaan museum, yang siap membantu,"pungkasnya. (DimasFery) 






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • plcmpj

    viagra online pharmacy net http://canadian-pharmacie.com <a ...

    View Article
  • cecileko60

    Started up to date cobweb throw http://summer.ablogs.relayblog.com/?post.jordyn ...

    View Article
  • Jasa SEO Bergaransi

    Desain situsnya sangat menarik gan.... mantap sekali. https://perusahaanseo.weebly.com/ ...

    View Article