Kiat Sukses Berbicara di Depan Umum

By Redaksi 13 Mei 2018, 23:39:15 WIB | dibaca: 182 pembaca 

Kiat Sukses Berbicara di Depan Umum

foto : Ilustrasi

BOGORnews.com ::: Ada kalanya kita akan mendapat kesempatan untuk berbicara di depan umum. Entah itu pada saat presentasi, sidang skripsi, berpidato, menyampaikan ide dalam rapat, atau mungkin menjual produk dagangan. Semua kegiatan tersebut memerlukan keahlian yaitu berbicara di depan umum. Dengan jangkauan audiens yang lebih luas, kita perlu mempersiapkan diri.

Seperti dilansir di Wikipedia, berbicara di depan umum merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh pembicara untuk mampu menarik perhatian audiens. Namun sayangnya, tidak semua orang menguasai kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Padahal ketika memasuki dunia kerja, kita diharapkan dapat menguasai keahlian tersebut.

“Kita perlu mempelajari teknik berbicara di depan umum, karena bagaimana menyampaikan pesan itu lebih penting dari pada isi pesan itu sendiri,” ungkap Ilham Ramdana, seorang penyiar Prambors Radio, MC, sekaligus dosen komunikasi di Universitas Muhammadiyah Tanggerang, ketika menyampaikan materi Public Speaking di acara Belajar Radio Batch 9.

Ada beberapa cara dari Ilham Ramdana yang dapat kamu lakukan untuk berbicara di depan umum dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika kamu bebicara di depan umum:

1. Siapkan materi

Buatlah pokok-pokok bahasan yang akan dibicarakan. Banyak sekali orang-orang yang gagal saat berbicara di depan umum karna kurang menguasai materi yang akan dibicarakan. Jadi, saat akan berbicara di depan umum menguasai materi adalah hal yang paling utama.

2. Kenali audiens

Sebelum kamu berbicara di depan umum, luangkan waktu untuk mengenal audiens. Coba cari tahu mengenai berapa banyak audiens yang akan hadir, usia, gender, tingkat pendidikan, agama, keramahan, dan apakah audiens mengenal kamu. Karena jenis audiens memengaruhi pemilihan kata dan cara kamu berbicara.

3. Tampil penuh rasa percaya diri

Rasa percaya diri yang tinggi akan memudahkan kamu untuk bisa menguasai materi yang akan kamu sampaikan. Tampil dengan rileks, tenang, dan yakinkan diri kamu bahwa kamu bisa tampil penuh rasa percaya diri saat berbicara di depan umum.

4. Suara

Pertama, perhatikan volume suara. Volume yang digunakan tidak boleh terlalu kencang ataupun pelan. Kedua, kecepatan, agar ucapan kita mudah dipahami sebaiknya kamu berbicara tidak terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Ketiga, artikulasi, saat berbicara kejelasan kata-kata yang diucapkan sangat penting. Terakhir intonasi, intonasi lebih membuat ucapan kita enak terdengar dan mudah dipahami.

5. Pembuka sebagai kesan awal

Orang cendrung membuat penilaian dan mengingat kesan di awal. Maka sebagai penentu apakah audiens tertarik atau tidak untuk mendengarkan ucapan kamu selanjutnya, ucapkan kata pembuka sebaik mungkin. Kamu harus memberikan pembuka yang benar-benar membuka mata, telinga dan hati audiens untuk bersiap-siap mendengarkan kamu.

6. Bahasa tubuh

Elemen komunikasi personal mencakup 7% kata-kata yang diucapkan, 38% nada suara, dan 55% bahasa tubuh. Maka Lakukan bahasa tubuh yang meyakinkan, seperti berdiri tegak, tersenyum, membuat kontak mata dengan audiens, atau sedikit berjalan-jalan. Hal-hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan dirimu di hadapan audiens.

7. Penutup yang berkesan

Buatlah ucapan penutup berupa pernyataan yang baik, berkesan, dan mudah diingat audiens. Sehingga kamu berhasil berbicara di depan umum dengan baik.

Selain memperhatikan hal-hal tersebut, untuk sukses berbicara di depan umum juga harus melakukan persiapan dan berlatih. “Di persiapan, siapkan apa saja yang nanti akan disampaikan di depan umum, seperti materi dan pemilihan kata. Selanjutnya, berlatih untuk menghilangkan rasa gugup,” ujar Alif Alimulhaq, yang juga sering berbicara di depan umum untuk sambutan maupun sebagai MC.

Berbicara di depan umum jelas membutuhkan keberanian dan persiapan yang matang. Ada orang-orang yang memang berbakat untuk berbicara di depan orang banyak dengan sangat baik, sementara lebih banyak yang tidak menguasainya. Tapi jangan takut, teruslah berlatih dan belajar dari kesalahan dengan memperhatikan hal-hal di atas ketika berbicara di depan umum.

Penulis :
Alma Dwi Nur Jannah, Mahasiswi  Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE