Kemenpora Latih Pemuda Desa Bojong Jadi Penulis

By Redaksi 14 Okt 2017, 21:38:33 WIB | dibaca: 227 pembaca 

Kemenpora Latih Pemuda Desa Bojong Jadi Penulis

Foto Bareng Para Peserta Pelatihan Jurnalistik

BOGORnews.com ::: Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bekerja sama dengan Yayasan At-Tawassuth menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik untuk Pemuda, dengan mengangkat tema “Mendorong Pemuda Melek Media, Anti Hoax dan Bervisi Kebangsaan”, di Balai Desa Bojong, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Kamis (12/10/2017)

Ketua Yayasan At-Tawassuth selaku Ketua Panitia, Ahmad Fahir, Jumat di Bogor mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik pemuda digagas dengan maksud sebagai upaya melatih pemuda Desa Bojong dan sekitarnya mengenai dunia tulis menulis.
“Pada era digital, kemampuan menulis semakin dibutuhkan. Karenanya pelatihan jurnalistik perlu digelar, agar pemuda dapat mengikuti perkembangan zaman,” tegas Fahir.

Fahir menjelaskan, pelatihan jurnalistik juga sebagai upaya literasi media (media literacy), yakni agar pemuda atau masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami, mengenalisis dan mendekonstruksi pemberitaan yang dilakukan media.

“Literasi media adalah analisis konten pemberitaan media. Literasi media sangat penting, agar public cerdas dalam menyaring berbagai informasi yang mengalir deras tanpa batas pada pada era digital, sehingga tidak mudah termakan berita hoax dan sampah medsos,” bebernya.

Kepala Desa Bojong, Asep Saefudin mengungkapkan, kegiatan yang digagas Yayasan At-Tawassuth dan Kemenpora RI memiliki manfaat besar bagi warga desa yang dipimpinnya.

“Kegiatan jurnalistik sebagai salah satu upaya nyata meningkatkan kapasitas pemuda. Pemuda perlu menguasai jurnalistik dan memahami dunia media dengan baik, agar mampu melakukan transformasi di tengah masyarakat,” kata Asep.

Asep melanjutkan, pihaknya merasa terhormat Desa Bojong dijadikan sebagai salah satu lokasi pelatihan yang diselenggarakan oleh Kemenpora RI.

“Kami mendapatkan informasi hanya ada 19 lokasi pelatihan yang dilakukan oleh Keasdepan Tenaga dan Pengembangan Sumber Daya Pemuda Kemenpora,” paparnya.

Dia berjanji, setelah pelatihan jurnalistik aka nada tindak lanjut, yaitu dengan mengunjungi dapur-dapur redaksi media yang berada di Bogor.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dibuka oleh Kartini, perwakilan dari Kearsipan Tenaga dan Sumber Daya Pemuda Kemenpora RI.

 Kartini mengatakan, pelatihan jurnalistik tersebut sebagai upaya membekali generasi muda agar memiliki wawasan dan kemampuan menulis yang baik.
“Hari ini industri media, terutama media online dan media sosial, semakin menancapkan pengaruhnya dalam kehidupan. Kemampuan menguasai dunia jurnalistik menjadi tuntutan yang sulit dihindari,” kata Kartini.

Selain menghadirkan narasumber dari Kemenpora dan kepala Desa Bojong, kegiatan yang diikuti 50 orang pemuda tersebut melibatkan sejumlah praktisi media, yakni redaktur senior Radar Bogor Untung Bachtiar, Pemimpin Redaksi Metropolitan Abdul Somad, dan mantan wartawan LKBN Antara, Ahmadi. *(ari)








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE