Ikut Organisasi itu Banyak Manfaatnya

By Redaksi 14 Mei 2018, 00:13:09 WIB | dibaca: 118 pembaca 

Ikut Organisasi itu Banyak Manfaatnya




Sebagai mahasiswa, kita harus bisa memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang dapat memberi dampak positif, salah satunya yaitu dengan ikut organisasi. Tidak berbatas pada organisasi yang ada di lingkungan kampus saja, tetapi organisasi luar kampus pun tidak masalah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata organisasi berarti kelompok kerja sama antara orang-orang  yang diadakan untuk mencapai tujuan bersama. Dengan mengikuti organisasi, berarti seseorang akan tampak bahwa ia adalah orang yang aktif dan memiliki keinginan untuk terus mengembangkan diri.

Menurut Angga Jatmiko, Tim Staff Komunikasi Kementrian BUMN, banyak manfaat positif jika mengikuti kegiatan organisasi. “Positifnya ikut organisasi itu banyak sekali. Pertama, akan dapat teman. Kedua, mendapatkan pengalaman dan pembelajaran di lapangan dan lebih banyak mengenal karakter orang lain dan juga sudah siap untuk masuk ke dunia kerja,” ucapnya.

Dilansir dari floridatoday.com, terdapat beberapa keuntungan mengikuti komunitas, yaitu :

1. Meningkatkan Jaringan

Memiliki jaringan yang luas tentu akan sangat mempermudah dan menguntungkan. Mengikuti organisasi adalah salah satu caranya. Dalam suatu organisasi pasti kita akan menemui orang dengan berbagai macam karakter hingga tingkatan jabatan sehingga akan memperluas jaringan yang kita miliki.

2. Pengembangan Jiwa Kepemimpinan

Ketika berorganisasi, pasti akan ada waktunya kita belajar sebagai seorang pemimpin. Bagaimana kita menjadi seorang peimpin untuk diri sendiri, teman sebaya, orang lain yang lebih muda bahkan lebih tua. Inilah yang akan membuat jiwa kepemimpinan yang kita miliki menjadi semakin terasah dan berkembang.

3. Teman Baru dan Peluang

Sudah pasti ketika mengikuti suatu organisasi akan menambah jumlah teman yang kita miliki. Memiliki banyak teman baru tentu akan membuat peluang-peluang baru menjadi terbuka lebih banyak dan luas.

4. Terus Terinspirasi dan Termotivasi

Teman-teman serta mentor dari organisasi yang diikuti tentu memiliki kisah masing-masing yang dapat menjadi inspirasi untuk diri pribadi. Hal tersebut dapat membuat kita lebih memiliki motivasi karena ada dorongan dari orang-orang yang satu organisasi dengan kita.

“Manfaat dari ikut organisasi itu bisa menambah pengalaman, menambah relasi, melatih diri juga untuk mengahadapi oramg-orang yang beda pemikiran dengan kita,” ungkap Witri Nasuha, mahasiswi yang aktif berorganisasi.

Menurut pengalaman penulis juga, mengikuti organisasi membuat diri menjadi lebih dewasa. Berkenalan dengan berbagai macam karakter orang lain membuat kita belajar bagaimana menempatkan diri serta menentukan sikap yang tepat utuk menghadapi orang lain.

Berorganisasi memang memiliki banyak dampak positif untuk diri. Perbanyaklah mengikuti organisasi karena akan membuat diri semakin berkembang dan siap untuk terjun ke masyarakat maupun dunia kerja. Yuk berorganisasi!

Penulis :
Nurfina Fitri, Mahasiswi  Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article