Hotel Online Semakin Menggurita di Bogor

By Redaksi 03 Apr 2017, 16:49:53 WIB | dibaca: 375 pembaca 

Hotel Online Semakin Menggurita di Bogor

Ketua PHRI Yuno Abeta Lahay

BOGORnews.com ::: Semenjak situs hotel online masuk ke tanah air, jumlah keanggotaan situs tersebut terus bertambah dengan sebaran lokasinya seluruh Indonesia. Khusus Kota Bogor sendiri, anggota situs hotel online tersebut mengalami kenaikan hingga 1000 persen.

"Ini problem bagi dunia pariwisata. Saya sudah awasi dari pertengahan tahun lalu. Awal Juli, properti pribadi yang mendaftar hanya 28 unit yang terdiri dari apartemen, villa dan rumah," ujar Ketua Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bogor, Yuno Abeta Lahay kepada BOGORnews.com, akhir pekan lalu.

"Desember masih ditahun yang sama, jumlah anggotanya bertambah lagi menjadi 180 unit. Terakhir saya cek, jumlahnya sudah membengkak menjadi 300 unit properti,"imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hotel konvensional tak lama lagi akan menghadapi  serbuan hotel online. Hotel online mirip dengan transportasi online, dimana properti pribadi seperti apartemen, rumah dan villa sengaja disewakan. Untuk mempermudah mencari konsumen, penyewa lebih dulu mendaftar dalam sebuah situs yang bisa diakses melalui aplikasi android. Apartemen, villa, dan rumah yang disewakan dibandrol  dengan harga yang super murah tapi kualitas hotel berbintang.

Kehadiran hotel online selain bisa berdampak buruk kepada dunia perhotelan, juga berpotensi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya properti pribadi yang disewakan tersebut tidak memberikan kontribusi apa-apa terhadap PAD kota Bogor.

Sebab hotel online selain tidak memiliki izin usaha, mereka tidak membayar pajak apa-apa. Paling hanya bayar PBB yang dibayarkan pertahun.
Lebih lanjut Yunu menjelaskan, dalam transaksi antara penyewa dan yang menyewa (konsumen) bertemu secara on the spot di lokasi properti yang akan disewakan.

"Setelah penyewa memesan properti melalui aplikasi online, nanti mereka akan bertemu on the spot di lokasi. Disana langsung dilakukan pembayaran dan penyerahan kunci. Mereka hanya menyewakan unit kamar saja dan no food," jelasnya.

Adapun tarif properti sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu untuk satu unit kamar hingga jutaan untuk sebuah unit rumah dengan beberapa buah kamar. Pastinya, tarif yang dikenakan jauh lebih murah dibandingkan hotel konvesional.

"Ada kamar yang tarifnya hanya seratus ribuan dengan fasilitas seperti hotel berbintang. Ada juga ditawarkan Rp 2 juta/malam untuk satu unit rumah dengan empat kamar lengkap dengan swimming pool. Jatuhnya sangat murah," pungkasnya. (Dimas Ferry)

 








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE