Gotong Royong, Budaya yang Terkikis oleh Zaman

By Redaksi 21 Mei 2018, 17:13:16 WIB | dibaca: 345 pembaca 

Gotong Royong, Budaya yang Terkikis oleh Zaman




<.br>

BOGORnews.com ::: Bangsa Indonesia tekenal sebagai bangsa yang memiliki budaya yang bernilai tinggi. Seperti salah satu budaya di masyarakat yang sangat layak dibanggakan adalah budaya gotong royong. Para leluhur pendahulu sudah mewariskan semangat kegotongroyongan, semangat yang menjadi warisan sangat berharga bagi generasi penerus bangsa, sebagai salah satu sarana pemersatu bangsa.

Gotong royong berarti bekerja secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah, dan ringan. Gotong royong merupakan partisipasi setiap individu terhadap permasalahan di sekitarnya. Partisipasi itu bisa dalam bentuk materi, tenaga, maupun pikiran yang dikerahkan.

Namun, sepertinya saat ini semangat gotong royong mulai luntur bersama perkembangan zaman. Seperti dilansir Kompas.com, paling tidak ada tiga nilai kebangsaan yang makin meluntur dalam kehidupan masyarakat, yaitu toleransi, kekeluargaan, dan gotong royong.

Memang tidak sepenuhnya hilang, namun secara perlahan kebiasaan gotong royong mulai surut. Meski dibeberapa daerah masih bisa dijumpai masyarakat bergotong royong, tetapi semangatnya (mungkin) berkurang. Tidak sedikit orang yang mulai mementingkan diri sendiri, orang mulai sibuk dengan kepentingannya masing-masing, banyak yang mulai kehilangan semangat bergotong royong. 

Seorang sosiolog sekaligus dosen mata kuliah Sosiologi di Politeknik Negeri Jakarta, Moh. Zaenal Abidin Eko Putro, M. Si mengatakan, bahwa ada 3 faktor yang membuat gotong-royong memudar. Pertama modernisasi, yaitu dalam perkembangannya manusia bergantung pada teknologi sehingga merasa tidak memerlukan bantuan orang lain lagi.

 

Kedua sistem ekonomi yang kapitalis, yaitu segala tindakan diukur dengan keuntungan yang didapat. Jadi, menimbulkan kompetisi antar masyarakat untuk menjadi dan mendapat yang terbaik, dan yang terakhir adalah globalisasi, arus globalisasi saat ini telah menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan budaya bangsa Indonesia dan mengubah pola pikir masyarakat.

Meskipun begitu, menurutnya ketiga faktor tersebut sebetulnya tidak sepenuhnya menghancurkan gotong royong. “Gotong royong masih ada, tetapi bentuknya berbeda. Mereka tidak turun tangan langsung melainkan membantu lewat materi atau iuran. Selain itu, semua tindakan juga tergantung motif. Motif tujuan pertemuan orang sudah bergeser, biasanya lebih kepada tujuan-tujuan tertentu sehingga gotong royong kini sudah melalui pergeseran bentuk,” sambungnya.

M. Arif Muchlis, selaku ketua RW 10 Pancoran Mas Depok, juga menyetujui hal tersebut. Namun, juga diperlukannya peranan untuk mempertahankan jiwa gotong royong masyarakat. “Untuk membudayakan atau membangkitkannya kembali, bisa dititikberatkan pada pendekatan dari pengurus RT/RW kepada masyarakat tentang pentingnya bergotong royong. Selain itu, dapat dilakukan kegiatan yang mempererat tali silaturahmi antar masyarakat,” ujarnya.

Sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, masing-masing masyarakat diperlukan kesadaran akan manfaat dari sikap gotong royong. Dibalik kesederhanaannya, gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat.

Yuk, mari kita jaga dan lestarikan budaya gotong royong yang merupakan budaya dan identitas bangsa Indonesia, agar terus terjaga dan tidak akan punah terkikis zaman. Kalau bukan kita yang menjaga siapa lagi.

Penulis :
Alma Dwi Nur Jannah, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article
  • Natrual Foods

    i'm ordinarily looking on-line for posts which can help me. there's of ...

    View Article