Fakta di balik Pasar Griya Bukit Jaya

By Redaksi 16 Mei 2018, 04:40:33 WIB | dibaca: 126 pembaca 

Fakta di balik Pasar Griya Bukit Jaya

BOGORnews.com ::: Panas yang menyengat, suara berisik, padat dan bau tidak sedap adalah hal yang umum apabila pergi ke pasar tradisional. Dan itulah yang kurasakan saat berkunjung ke pasar Griya.

Pasar ini berlokasi di daerah perumahan Griya Bukit Jaya, Gunung Putri ,Bogor. Tepatnya terletak antara 3 blok yaitu blok C,E dan F. Pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan, dari barang pokok sehari-hari seperti sembako dan berbagai bumbu dapur lainnya hingga alat transportasi seperti motor, dari yang baru sampai yang bekas dijual di tempat ini.

Pasar ini buka setiap hari dan selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Terutama diakhir pekan dan libur nasional. “Kalau hari biasa aja pasarnya rame banget, apalagi pas lagi libur puasa atau libur nasional macetnya sangat parah, mobil aja sampai gabisa lewat,” Ujar Mandala salah satu pengunjung pasar.

Ada fakta unik dibalik terbentuknya pasar ini. Awalnya sebelumnya menjadi pasar, lokasi hanya di tempati oleh segelintir pedagang kecil. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan tersebarnya lokasi dari mulut ke mulut akhirnya lokasi ini mulai didatangi oleh para pedagang dari berbagai daerah yang hendak mengais rezeki dan pada akhirnya menjadi sebuah pasar.

 

Fakta lainnya adalah pasar ini pernah ingin di relokasi dua kali. Namun kedua rencana tersebut gagal terlaksana. Rencana pertama gagal karena lokasi tidak strategis dan tidak menguntungkan pihak pedagang. Sedangkan rencana kedua gagal dikarenakan surat izin yang illegal dan sumber dana yang tidak jelas, sehingga rencana kedua ini juga gagal terwujud.

Fakta tak kalah penting, di lokasi yang saat ini sebenarnya juga kurang di setujui oleh warga karena berbagai sebab. Selain membuat macet banyak tindak premanisme yang di lakukan kepada pedagang setempat. Tetapi kini sudah mulai berkurang karena beberapa tertangkap oleh pihak yang berwenang.

Penulis :
Muhammad Subhi Putraprakoso, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE