Dukung Ekonomi Kreatif Jokowi, Dadang Sudah Miliki Konsepnya

By Redaksi 09 Mar 2018, 09:25:12 WIB | dibaca: 210 pembaca 

Dukung Ekonomi Kreatif Jokowi, Dadang Sudah Miliki Konsepnya




BOGORnews.com:::Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu mengatakan selalu memantau dan memberikan perhatian penuh terhadap industri ekonomi kreatif. Presiden menyakini bahwa kemajuan 
dan masa depan ekonomi Indonesia berada di industri kerajinan dan industri kreatif.

Senada dengan Presiden Joko Widodo, Calon Walikota Bogor yang diusung oleh PDI-P dan PKB, Dadang Danubrata, juga menyatakan hal serupa bahwa ekonomi kreatif mampu menjadi penopang perekonomian masyarakat.

"Ekonomi Kreatif merupakan konsep era ekonomi kekinian yang penopang utamanya adalah informasi dan kreativitas di mana ide dan stock of knowledge dari Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor produksi yang utama dalam kegiatan ekonomi,"ujarnya.

“Penyebutan ekonomi kreatif dengan ekonomi itu berbeda. Ekonomi merupakan perpaduan kreatifitas dari ekonomi dan kreatif,” imbuhnya lagi kepada Bogornews.com, Kamis (8/3/2018).

Dikatakan Dadang, ekonomi kreatif adalah kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru dalam pemecahan masalah.

“Ekonomi kreatif adalah suatu kegiatan ekonomi di mana input dan output dimulai dan berakhir dari gagasan atau dalam satu kalimat yang singkat, esensi dari kreativitas adalah gagasan. Nah, konsep kewirausahaan maupun konsep ekonomi kreatif terdapat unsur benang merah yang sama yakni terdapat konsep kreativitas, ide atau gagasan serta konsep inovasi,” tuturnya panjang lebar.

Ekonomi kreatif, disebutnya mampu menggeliatkan perekonomian daerah dan membuka lapangan usaha baru. Hanya, sambung Dadang, yang disayangkan di Kota Bogor, ekonomi kreatif belum sepenuhnya digeliatkan, terbukti belum adanya sentra ekonomi kreatif.

“Saat ini, potensi ekonomi ekonomi kreatif di Kota Bogor yakni fashion, kuliner dan kerajinan tangan. Selain itu masih banyak lagi, seperti komunikasi visual, musik hingga penerbitan. Hanya disayangkan, karena belum ada sentra ekonomi kreatif, potensi ini belum tergali dan geliatnya belum terasa di Kota Bogor. Padahal, sentra ekonomi kreatif sangat penting."

"Semoga nantinya jika masyarakat Kota Bogor memberikan restu, saya dan Pak Sugeng Teguh Santoso sudah memiliki konsepnya,” pungkasnya.(rls/df)  











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article