Debat Cawalkot Bogor Jadi Ajang Adu Pantun

By Redaksi 06 Mei 2018, 16:41:18 WIB | dibaca: 105 pembaca 

Debat Cawalkot Bogor Jadi Ajang Adu Pantun

Suasana Debat Cawalkot Bogor




BOGORnews.com ::: Debat Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogot Sabtu (5/5/2018) malam yang disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta nasional ternyata jadi ajang  adu pantun oleh para kandidat. 

Debat kandidat Pilkada Kota Bogor diikuti keempat pasangan calon (paslon) yakni paslon nomor 1, Achmat Ru'yat - Zainul Mutaqin, paslon nomor 2.Edgar Suratman - Sefwelly Gynanjar, paslon nomor 3.Bima Arya Sugiarto - Dedie A Rachim, dan paslon 4  Danang Iskandar Danubrata - Sugeng Teguh Santoso.

 Tercatat ada 8 pantun dilontarkan oleh para Kandidat.  Ada tiga calon yang  melontarkan pantun yaitu paslon nomor 4  Dadang Iskandar berpantun saat menyampaikan visi dan misi dan saat clossing statnen.

 Kemudian paslon nomor 3 Bima Arya dan Dedue A Rachim berpantun saat clossing statmen serta paslon nomor 2 Edgar Suratman berpantun dengan bahasa sunda juga saat clossing statmen.  

Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna mengatakan, debat kandidat bagian dari tahapan masa kampanye Pilkada Kota Bogor 2018 yang bertujuan untuk menajamkan visi dan misi para calon kepala daerah.

"Dalam debat pasangan calon menajamkan visi dan misinya, supaya diketahui oleh masyarakat luas," kata Undang

Ia berharap, melalui debat itu masyarakat secara luas dapat mengenal dan mengetahui kualitas masing-masing pasangan calon melalui penjabaran visi dan misinya. Dengan pengetahui kualitas tersebut diharapkan masyarakat tidak ragu lagi dalam memilih calon kepala daerah pada pemilihan nanti. "Target KPU adalah meningkatkan partisipasi pemilihan sebesar 80 persen," katanya.

Debat kandidat pertama Pilwakot Bogor 2018 ini mengangkat tema "Memajukan Daerah Mensejahterakan Rakyat". Debat terbagi beberapa sesi, setiap sesi ada beberapa pertanyaan yang dijawab oleh setiap paslon. 

KPU melibatkan tim perumus dari kalangan akademisi dan lembaga swadaya masyarakat yang merumuskan sejumlah pertanyaan dalam debat kandidat. Tim perumus berjumlah empat orang, terdiri dari tiga akademisi dan satu LSM. "Pertanyaan dirumuskan mengacu pada visi dan misi pasangan calon," ujarnya.

Debat dirancang seinteraktif mungkin, setiap calon wali kota dan wakil wali kota diarahkan mampu berinteraksi.  "Semua tereksplor kualitasnya dalam debat ini, baik wali kota maupun wakil wali kotanya," katanya.

Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2018,  debat kandidat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan Pilwakot Bogor baik secara tahapan, jadwal dan program.

"Debat kandidat ada dua kali, selain di Jakarta,  nanti yang kedua akan kita gelar di Bogor," pungkas Undang (red) 

 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article