Dampak Buruk Tidur Larut Malam

By Redaksi 08 Mei 2018, 11:42:40 WIB | dibaca: 131 pembaca 

Dampak Buruk Tidur Larut Malam




BOGORnews.com ::: Tidur merupakan suatu kebutuhan tubuh untuk mengistirahatkan badan dan pikiran kita Memenuhi waktu tidur yang cukup memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tidur memiliki peranan yang penting bagi tubuh manusia, sebagai salah satu aktivitas yang bisa membantu meregenerasi sel tubuh, dan juga mengistirahatkan kinerja organ tubuh, Termasuk mendukung kesehatan jantung, menjaga berat badan ideal, menurunkan risiko stres, sekaligus membuat mood Kamu menjadi lebih baik.

Sebagian orang tidak terlalu memperhatikan waktu tidur, kemudian memilih melakukan aktivitas lain meski jam tidur sudah di depan mata. Padahal, tidak memenuhi waktu tidur yang cukup akan merugikan kesehatan. Berikut dampak buruk jika tidur larut malam :

  1. Fungsi otak menurun

Tidur merupakan suatu proses regenerasi tubuh sel tubuh. Jika tidur terlalu larut bisa menurunkan fungsi otak. Sebagaimana diketahui, bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting sebagai pengendali dari seluruh gerak organ tubuh. Fungsi otak yang menurun akan berdampak serius dalam tubuh dan juga kesehatan.

  1. Obesitas

Akibat sering tidur larut malam akan memicu metabolisme lemak dalam tubuh tidak seimbang karena orang yang sering begadang akan sering merasa lapar dan bisa berlanjut hingga mengalami obesitas. Dan obesitas inilah yang merupakan salah satu factor pemicu munculnya berbagai macam penyakit berbahaya, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan pemyakit jantung.

  1. Penuaan yang cebih cepat

Akibat karena sering tidur larut malam akan melepas hormon kortisol dan stress. Hormon yang jumlah besar akan memicu zat colagen dan protein dalam kulit pecah hingga menjadi lingkaran hitam dan lama-kelamaan akan berkembang menjadi kerutan pada wajah sehingga akan terlihat tampak lebih tua.

 

  1. Penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer merupakan penyakit yang berhubungan dengan daya ingat biasanya terjadi pada usia lanjut namun usia muda juga kemungkinan bisa terkena penyakit ini apalagi yang terbiasa untuk begadang hingga larut malam.

  1. Konsentrasi berkurang

Siklus tidur dapat menguatkan memori dalam pikiran yang membantu seseorang dalam berkonsentrasi. Sehingga mereka yang sering tidur larut malam akan terganggu konsentrasinya, penalarannya, kewaspadaannya, juga kemampuannya dalam memecahkan masalah.

Menurut Dokter Taneya Putri Zahra “Waktu tidur yang ideal adalah 6-8 jam kurang lebih pukul 21.00 sampai 05.00, atau 22.00 sampai 04.00. Tidak ada waktu baku untuk tidur, yang penting adalah kualitas tidur yang baik. Dimana setelah tidur badan menjadi lebih segar, bertenaga, dapat berkonsentrasi dan perasaan lebih tenang.”

Berikut ini rekomendasi jam tidurnya berdasarkan National Sleep Foundation dalam laporan utamanya di Sleep Health Journal:

  • Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari

  • Bayi (4-11 bulan): 12-15 jam setiap hari

  • Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari

  • Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari

  • Usia sekolah (6-13 tahun): 9-11 jam setiap hari

  • Remaja (14-17 tahun): 8-10 jam setiap hari

  • Dewasa muda (18-25 tahun): 7-9 jam setiap hari

  • Dewasa (26-64 tahun): 7-9 jam setiap hari

  • Manula (65 tahun ke atas): 7-8 jam setiap hari

Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup, kesehatan kamu akan lebih baik dan maksimal. Semua organ yang lelah bekerja tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon. Pada saat tidur, informasi yang masuk ke otak akan disusun dengan rapi, sehingga saat bangun tidur kamu sering kali menemukan solusi dari masalah di hari sebelumnya.

Sel dalam tubuh akan beregenerasi saat kamu tidur pada tingkat paling maksimal. Makanya tak jarang, jika tidur sesuai dengan rekomendasinya, kulit seseorang akan terlihat sehat dan kencang. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat karena sel-sel kamu diperbarui, dan hormon melatonin yang membantu memperkuat sistem imun biasanya bekerja paling efektif saat malam, saat gelap dan kita sedang terlelap. Sebab itulah, atur waktu tidur yang nyenyak dan jangan begadang.

Penulis
Dixy Hartanto, Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Murod

    Kiranya menjadi media yang objektif, mencerdaskan dan memberikan pencerahan pemikiran ...

    View Article
  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article