Dadang : Perlu Solusi dan Terobosan Menghadapi Lahirnya Angkatan Kerja Baru

By Redaksi 13 Mar 2018, 22:15:59 WIB | dibaca: 98 pembaca 

Dadang : Perlu Solusi dan Terobosan Menghadapi Lahirnya Angkatan Kerja Baru

BOGORnews.com:::Dengan jumlah penduduk di Kota Bogor di bawah satu juta, jumlah angka pengangguran di Kota hujan masih terbilang tinggi. Dari data yang dimiliki oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bogor tahun 2017, diketahui ada 40 ribu masyarakat Kota Bogor berstatus menganggur.

Hal tersebut dikemukakan Calon Walikota (Cawalkot) Bogor, Dadang Iskandar Danubrata disela kegiatan blusukannya di Gunungbatu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa (12/3/2018). 

”Perlu adanya solusi dan terobosan untuk mengatasi pengangguran di Kota Bogor. Sejumlah upaya  memang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, seperti membuka bursa lapangan kerja. Tapi, hasilnya masih belum optimal,” tutur cawalkot nomor utur 4 usungan PDI Perjuangan dan PKB Kota Bogor tersebut. 

Dadang menambahkan, perlu adanya terobosan dalam menghadapi lahirnya angkatan kerja baru lulusan SMA tiap tahunnya. 

“Diantaranya, menyerukan kaum muda agar lebih memilih jadi pengusaha dibanding jadi karyawan. Seperti apa? Dengan teknologi informasi yang terus berkembang, generasi muda perlu punya mimpi untuk segera meraih sukses." 

"Caranya, dengan teknologi, musik, dan film berbagai rangkaian industri kreatif," tandasnya. 

Dadang menilai, orang Indonesia banyak yang kreatif dan aktif memanfaatkan sesuatu yang baru, termasuk dunia internet. Namun sayangnya, menurut dia, pebisnis digital seringkali sebelum memulai bisnisnya sudah dibayang-bayangi besaran pajak dan sulitnya perizinan yang akan dihadapinya. 

“Ekonomi kreatif merupakan sektor strategis dalam pembangunan nasional ke depan. Jika ekonomi kreatif berkembang, bukan tidak mungkin tingkat pengangguran bisa ditekan serendah mungkin,” tandasnya. 

Sejauh ini, pusat ekonomi kreatif di Kota Bogor disebutnya belum ada. Padahal, dengan adanya sentra ekonomi kreatif diharapkan bisa dimanfaatkan para pelaku ekonomi kreatif sebagai tempat berkumpul, berukar pikiran juga pelatihan yang tentunya harus ada campur tangan pemrintah daerah, terutama soal permodalan.

“Selain itu, upaya lain yang perlu digeliatkan yakni bisnis dari berbagai platform e-dagang yang berpotensi menekan angka pengangguran. Terlibatnya banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dalam platform e-dagang turut mendorong geliat ekonomi rakyat semakin kuat. Contohnya, situs Bukalapak yang menjadi salah satu platform e-dagang lokal,” pungkas Dadang. (DF) 

G7 







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • replique montre

    Reste les arêtes http://www.montrepascher.co vives et le système intelligent de la ...

    View Article
  • replique montre pas cher

    L'ensemble est présenté dans une http://www.repliquemontremeilleur.com boîte ...

    View Article
  • montres Panerai replique

    En outre, deux mains exquises blanchies à l'heure et à la minute ainsi ...

    View Article


BOGOR WEBSITE