Cawalkot Dadang Tawarkan Program Kampung Industri untuk Tekan Angka Pengangguran

By Redaksi 13 Mar 2018, 23:02:34 WIB | dibaca: 113 pembaca 

Cawalkot Dadang Tawarkan Program Kampung Industri untuk Tekan Angka Pengangguran




<.br>

BOGORnews.com:::Salah satu program Cawalkot Bogor usungan PDI Perjuangan dan PKB Kota Bogor Dadang Iskandar dalam menekan angka pengangguran adalah  dengan pencanangan Kampung Industri. Seperti apa konsep kampunh industri? 

“Kriteria sebuah daerah disebut kampung industri minimal ada sentra industri. Jika di Kota Bogor, misalnya di Cikaret, atau Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang saya pikir sangat berpotensi dengan usaha mikro produksi sandal dan sepatu. Hanya sejauh ini yang disayangkan, tak ada campur tangan pemkot yang menjadi “orangtua asuh” untuk membantu pengembangan usaha dan distribusi pemasarannya,” bebernya dalam kampanye blusukan di Gunungbatu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Selasa (12/3/2018). 

Pengertian industri, menurut Dadang, harus ada alih teknologi dari bahan baku menjadi barang jadi. Juga, pelatihan dan bantuan modal. 

“Misalnya, lainnya seperti produksi singkong menjadi kripik singkong sudah bisa disebut sebagai sebuah industri. Kita tidak usah membayangkan industri yang besar-besar. Di desa pun sebenarnya ada industri,” ujarnya. 

Untuk itu, lanjut dia, perlu dilakukan pendataan pelaku industri, agar bisa  mendapatkan informasi dan aspirasi guna penyusunan program peningkatan usaha yang sudah dikembangkan pelaku industri tersebut.

“Pendataan tersebut untuk membangkitkan usaha dari para pegiat industri, sehingga sosialisasi pendataan itu tentu menjadi motivasi bagi para pelaku industri untuk memberikan informasi usaha mereka maupun komunitas dalam jaringan mereka. Dan, dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pendataan ini juga akan mendorong munculnya kampung industri dan memberikan dorongan semangat berusaha bagi wirausaha baru karena kampung industri tidak sekedar sebuah sentra industri, namun ada manajemen yang memberikan arah kegiatan ekonomi. Contoh pemerintah daerah yang sudah memberlakukan Kampung Industri yakni Jember dan Tasikmalaya," ujarnya panjang lebar.

Di Tasikmalaya, sebut Dadang, terdapat empat Sentra Industri Bordir, yaitu di Desa Cibeti dan Desa Saguling (keduanya di Kota Tasik), serta di Desa Cimawate dan Bojongparang (keduanya di Kabupaten Tasik). 
“Keempat sentra industri ini letaknya berdekatan. Total ada sekitar 5.000 unit usaha rumah tangga. Mereka hidup makmur dan ikut membantu mengurangi jumlah pengangguran dan kemiskinan di Tasik,” tutupnya.











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • online lifestyle magazine

    whats up – wonderful web site, simply just on the lookout around some weblogs, ...

    View Article
  • Cryptophix

    Bitcoin tradicionalmente relacionam-se a equipe digitais de dinheiro. Ela existe ...

    View Article
  • Natrual Foods

    i'm ordinarily looking on-line for posts which can help me. there's of ...

    View Article