BKP Sambangi Istana Negara

By Redaksi 14 Okt 2017, 21:33:50 WIB | dibaca: 212 pembaca 

BKP Sambangi Istana Negara

BOGORnews.com ::: Baraya Kujang Pajajaran (BKP) menyambangi Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (12/10/2017). Rombongan budayawan BKP yang mengunjungi kantor Kepala Negara tersebut berjumlah 12 orang budayawan, dipimpin oleh Abah Wahyu Kujang, selaku “pangaping” alias kasepuhan.

Kehadiran rombongan budayawan BKP ke Istana Negara diterima secara langsung oleh Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Teten Masduki. Gatut Susanta, selaku penggagas kunjungan BKP ke Istana Negara mengatakan, BKP menyambangi Istana Negara dengan maksud bersilaturrahmi dengan Teten Masuki selaku pimpinan Kantor Staf Presiden.

“Alhamdulillah kehadiran rombongan BKP diterima dengan baik oleh Pak Teten Masduki,” papar Gatut.

Selain itu, BKP juga menyampaikan dokumen penting mengenai penemuan, kerusakan, keraiban maupun alih fungsi situs cagar budaya di Tatar Sunda. “Kami menyusun sebuah buku, berisi catatan penting tentang situs-situs cagar budaya di tatar Sunda, baik yang baru ditemukan, raib, rusak hingga beralih fungsi,” tegas dia.

Dokumen yang disusum dan diserahkan ke pihak Istana Negara, sebagai catatan perjalanan panjang tim BKP dalam kurun tiga tahun terakhir.

“Selama tiga tahun terakhir, individu-individu dari pemuka BKP melakukan ekspedisi dan investigasi ke seantero Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah, untuk mendata kondisi aktual situs-situs cagar budaya Sunda,” ujar Gatut.

Hasil dari pendataan yang sudah dilakukan BKP, disusun dalam sebuah buku, yang dilaporkan ke Istana Negara. Kasepuhan Baraya Kujang Pajajaran, Wahyu Kujang mengungkapkan, ia optimis apa yang dilaporkan komunitas pemegang kujang pusaka Pajajaran akan direspons positif oleh Istana Negara. Pasalnya, Presiden Jokowi memiliki niat adiluhung membangun budaya bangsa melalui gagasan besar Nawa Cita dan gerakan Revolusi Mental.

“Presiden Jokowi memiliki keberpihakan yang kuat terhadap budaya. Kami mengharapkan keberpihakannya ditunjukkan melalui penyelamatan situs-situs cagar budaya berusia ribuan tahun di Tatar Sunda dari ancaman kepunahan.” harap Wahyu.

Dalam kesempatan tersebut, selain berlangsung dialog seputar penyelamatan situs-situs cagar budaya di tanah Sunda, pihak BKP juga menguraikan sejarah dan filosofi kujang sebagai “ageman” masyarakat Sunda, yang dipaparkan oleh Wahyu Kujang.

Silaturrahmi BKP ke Istana Negara ditutup dengan penyerahan cinderamata kujang dan foto bersama dengan Kepala KSP Teten Masduki. (*)








Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article
  • Program Kasir

    Makin rusak aja nih pergaulan anak zaman sekarang. Harusnya ada program atau aturan ...

    View Article
  • Harga Speaker Terbaik

    Harga Speaker Terbaik ...

    View Article


BOGOR WEBSITE