Bermanfaat Bagi Kesehatan, Terapi Ikan Memiliki Efek Samping?

By Redaksi 14 Mei 2018, 15:31:25 WIB | dibaca: 97 pembaca 

Bermanfaat Bagi Kesehatan, Terapi Ikan Memiliki Efek Samping?

BOGORnews.com ::: Terapi ikan atau disebut juga Spa Ikan memiliki peminat yang sangat banyak, mulai dari anak kecil sampai dewasa. Kita bisa menjumpai fasilitas terapi ikan ini di tempat-tempat wisata, hotel, hingga rest area. Tak hanya didalam negeri saja, bahkan awalnya jenis spa ini populer diluar negeri, terutama di Turki.

Spa ikan dilakukan dengan cara merendam kaki di kolam yang diisi oleh banyak ikan kecil. Kemudian ikan-ikan kecil ini akan mengigit-gigit seolah mencari sesuatu dikaki yang direndam ke kolam tersebut. Gigitan ini tidak sakit karena gigitan ikan kecil ini tidak sampai melukai kaki. “Awalnya terasa geli, tapi lama-kelamaan biasa aja. Gak sakit,” ungkap Indah, salah satu pengunjung terapi ikan. Lalu, apa manfaat terapi spa ikan bagi kesehatan?

Terapi ikan dipercaya dapat membantu mengelupas kulit mati, meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan bakteri, dan juga mengurangi bau kaki. Bahkan juga dapat menyembuhkan penyakit kulit lainnya. Terapi ikan ini juga dapat membuat kulit menjadi lembut dan halus.

Jenis ikan yang digunakan umumnya jenis ikan gararufa. Meski begitu, banyak tempat terapi ikan yang menggunakan ikan jenis lain bahkan yang jauh lebih besar daripada ikan gararufa. Seperti pada tempat wisata yang berada di kawasan Cibulan, Jawa Barat.

Gigitan-gigitan kecil dari ikan terapi diyakini sangat membantu membersihkan kulit dari orang yang melakukan terapi. Ikan kecil yang jumlahnya banyak ini kemudian menyedot atau menggigit dengan lembut kulit kering yang mati di kaki. Hasni, pengunjung terapi ikan di kawasan Cibulan, mengakui jika setelah melakukan terapi ikan ini, ia merasa segar dan kaki tampak lebih bersih dan sehat.

Meskipun terapi ikan dipercaya memberi manfaat bagi kesehatan, ternyata terapi ikan juga memiliki efek samping yang buruk. Air dalam kolam ikan dapat mengandung sejumlah mikroorganisme. Hal ini memugkinkan adanya risiko untuk terinfeksi, bahkan infeksi hepatitis ataupun HIV. Tetapi risiko infeksi ini cenderung sangat rendah apabila tempat spa ikan berstandar kebersihan yang baik.

Melansir channelnewsasia.com, ikan-ikan terapi dapat membawa atau memindahkan bakteri ke tubuh pada saat gigitan-gigitan kecil pada kaki. Ketika orang yang melakukan terapi memiliki luka terbuka dan ikan-ikan terapi membawa bakteri, maka bakteri yang dibawa ikan dapat dipindahkan ke orang tersebut. Infeksi kulit yang mungkin terjadi adalah infeksi staphylococcus dan microsporum.

“Jika seorang pengguna terinfeksi dengan infeksi yang ditularkan melalui darah seperti HIV dan memiliki luka terbuka di kakinya, ada risiko teoritis bahwa darah yang terinfeksi bisa masuk ke air dan kemudian menginfeksi pengguna lain, seharusnya pengguna ini juga memiliki luka terbuka pada kakinya. Risiko ini, bagaimanapun, adalah teoritis dan sangat rendah,” ungkap Dr Nisha Suyien Chandran sebagai Konsultan Dermatologi.

Bagi seorang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, penderita diabetes, ataupun penderita kondisi peradangan kulit sebaiknya menghindari terapi ikan ini. Jika tujuan Anda hanya untuk menyingkirkan kulit mati pada kaki, lebih baik menggunakan batu apung sebagai gantinya.

Penulis :
Syifa Rizki Fauziah, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE