Berinovasi Untuk Pelayanan Lebih Baik

By Redaksi 31 Jan 2018, 08:15:37 WIB | dibaca: 159 pembaca 

Berinovasi Untuk Pelayanan Lebih Baik

BOGORnews.com ::: Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor baru saja menerbitkan Direktori Inovasi Pemerintah Kota Bogor. Direktori ini merangkum inovasi-inovasi program atau kegiatan yang digagas dan kemudian dilaksanakan oleh berbagai perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. Pada buku direktori ini tercatat beberapa inovasi yang digagas dan diterapkan oleh 2 badan, 7 dinas, 2 kecamatan dan 2 bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Kota Bogor serta RSUD Kota Bogor.

Berbagai inovasi yang dibuat merupakan gagasan-gagasan yang dikembangkan dari ide atau pemikiran pimpinan beserta staf di masing-masing perangkat daerah. Inovasi tersebut menjadi terobosan yang dituntut untuk melaksanakan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang berlangsung secara baik, efisien dan efektif.

Berbagai inovasi yang digagas dan kemudian diterapkan tersebut, semata-mata ditujukan untuk meningkatkan kualitas kinerja Pemerintah Kota Bogor secara keseluruhan. Khususnya di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

Beberapa inovasi, digagas dan diwujudkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi, membuat suatu proses pelayanan misalnya, menjadi lebih sederhana, lebih mudah, lebih cepat dan lebih transparan. Seperti program SITU – SMART atau Sistem Integrasi Terpadu yang Sederhana, Mudah, Akuntabel, Ramah dan Transparan.

Program ini digagas dan dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor. Program ini adalah penyerderhanaan proses pelayanan perizinan secara elektronik. Tujuannya tidak lain agar masyarakat pemohon izin semisal IMB, mendapatkan pelayanan yang lebih mudah, sederhana, lebih cepat dan transparan dalam memproses IMB.

Sedangkan RSUD Kota Bogor membuat inovasi program dengan nama yang unik, Sikat Duren. Kependekan dari Sistem Layanan Ketersediaan Tempat Tidur Online. Program ini merupakan sebuah sistem informasi yang dapat diakses masyarakat untuk mengetahui secara real time tentang tersedia atau tidaknya tempat tidur untuk pasien rawat inap di RSUD. Masyarakat yang membutuhkan informasi tersebut tinggal mengakses website RSUD dengan alamat www.rsudkotabogor.org.

Ada pula inovasi pelayanan yang tidak berbasis internet seperti Layanan Antar KTP dan Kartu Keluarga atau Layanan Jemput Lansia. Kedua inovasi tersebut digagas dan dilaksanakan oeh Kecamatan Bogor Barat. Kedua inovasi tersebut pada dasarnya ditujukan untuk membantu memudahkan masyarakat memperoleh dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Berikut adalah sebagian inovasi yang termuat di dalam buku Direktori Inovasi Pemerintah Kota Bogor. *(Advetorial)

 

 

 

 











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Mrs Limasly

    Cara Mendapat Kartu ATM Kosong yang Mendesak .... selama bertahun-tahun saya sudah ...

    View Article
  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article


BOGOR WEBSITE