Batu Satam Penolak Bala

By Redaksi 19 Jan 2014, 22:09:01 WIB | dibaca: 4492 pembaca 

Batu Satam Penolak Bala

BOGORNEWS.com -- Buku De Ontwikkeling Van Het eiland Biliton, Van De Billton Maatschappij Door J C Mollema, diterbitkan S graven Maartinus Nijhoff 1922, mengatakan batu satam adalah batu yang pada setengah juta tahun yang lalu jatuh ke bumi dari ruang angkasa yang meledak dan bagian-bagiannya terlempar jauh sekali. Pada waktu jatuh ke bumi, bagian itu jatuh di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan di daerah lainnya di belahan dunia.

Batu satam ditemukan dalam jumlah relatif sedikit di Pulau Belitung. Satu sample batu satam pernah ditemukan di Pulau Bangka. Batu satam  yang sama juga pernah ditemukan di Kepulauan Natuna dan Malaka.

 Sample-sample tektite yang berasal dari Malaka dinamakan Malaysianite oleh Bayer (1942). Sample tektite berbentuk bola yang ditemukan di Pahong (Lacroix 1932) sangat mirip dengan tektite tipe Billitonite yang berasal dari Pulau Belitung. Batu ini juga pernah ada di Pulau Jawa dekat Solo, Australia, Cekoslovakia, dan Arabia. Tetapi sampai saat ini tidak ditemukan lagi, kecuali di Pulau Belitung. Koleksi Wing Easton, berat billitonites terbesar berasal dari Pulau Belitung mencapai 80 gram.

Di Pulau Belitung batu Satam ditemukan pada tahun 1973 di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit.

Batru satam didapat dengan cara penggalian biji timah di tambang darat di Pulau Belitung yang kedalamannya sekitar 50 meter di dalam tanah yang diisap oleh pipa-pipa tambang darat tersebut sampai ke permukaan tanah, sehingga batu satam ditemukan oleh manusia  dengan cara kebetulan.

Khasiat Batu Satam
Batu satam menjadi kebanggan Pulau Belitung. Kini, produksinya sebagai cindera mata khas pulau ini. Produksinya seperti, perhiasan terutama untuk dipakai wanita berupa cincin, giwang, atau liontin. Dalam kreasi yang beragam bisa juga dibuat tongkat yang bermata batu satam, cincin pria, dan sebagainya.

Selain sebagai cindera mata, batu satam juga dipercaya memiliki kekuatan tersendiri, yaitu sebagai penangkal racun, penolak jin, dan setan. Boleh percaya atau tidak, khasiat batu satam yang demikian itu menambah keinginan orang memilikinya. [] Zakaria Zainuddin. (Sumber: Bangka Belitung Menuju Masa Depan: 2010)

Penjelasan Foto: Batu satam sebelum dan setelah diproses menjadi cindera mata. (sumber: www.gudangdjadoel.com)











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • jual hair fiber

    benar sekali itu. jika harus berurusan dengan kesehatan ada baiknya selalu memanfaatkan ...

    View Article
  • Dr. louis

    Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ...

    View Article
  • hgh Supplements from Amazon

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE