Batu Akik Pancawarna Edong

By Redaksi 02 Mei 2015, 23:58:57 WIB | dibaca: 4209 pembaca 

Batu Akik Pancawarna Edong

Batu akik edong adalah jenis batu akik asli garut yang semakin populer di kalangan kolektor, tidak hanya kolektor dalam negeri tapi juga dari luar negeri, bahkan jenis batu aki edong sudah menembus pasaran luar negeri karena kualitas batu konon setara dengan batu mulia yang selama sudah terkenal di pasaran dunia gemstone seperti safir, zamrud, ruby dan lain-lain.

Batu akik edong pertama kali ditemukan sekitar tahun 1994 oleh Abah Edong (80 tahun) dimana saat itu tidak banyak orang menyukai batu kecuali orang-orang tua itupun masih sangat sedikit dibandingkan dalam beberapa tahun belakangan ini, hampir semua kalangan menyukai batu akik.

Mbah Edong, selaku penemu batu akik edong tidak pernah menyangka jika batu temuannya 10 tahun lalu itu, akan menjadi batu yang sangat berharga dan menjadi buruan banyak orang dengan harga selangit. Bahkan batu edong panca warna seukuran mata cincin bisa berharga jutaan rupiah, padahal pada waktu itu jenis batu ini hanya dihargai 4 juta per kuintal.

Belakangan ini batu edong sering menjadi incaran para penghobi batu akik, sehingga membuat batu ini semakin langka. Kalaupun batu itu bisa ditemukan dipasaran tentu harganya sangat mahal. Bahkan untuk mendapatkan bahan mentahnya saja (bongkahan batu) sudah sangat sulit.

Menurut cerita yang berkembang untuk bisa menemukan bahan batu akik edong itu tidak mudah, para penammbang harus menyusuri bebukitan dan hutan lebat, bahkan ada sebagian dari mereka yang melakukan ritual khusus dan menyediakan sesaji ditempat penggalian agar usahanya bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil sesuai keinginan.

 "Dari segi warna Edong itu tegas, tidak abu-abu. Kalau ada warna merah ya merah tegas mirip merah cabai. Ciri lain Edong pasti ada corak hitam, tapi hitamnya itu tidak ngedrop hitamnya glossy. Apalagi kena polesan sempurna dari pengrajinnya. Ciri lainnya pasti warnanya lebih dari 5 warna tegas, hijaunya hijau daun. Dan yang paling mudah mendeteksinya adalah PW edong itu pasti kristal, Edong yang paling sempurna memiliki 8 warna yang jelas," tutur Kang Jaka salah satu penambang batu edong saat diwawancarai BOGORnews

Kang Jaka mengungkapkan, Pancawarna Garut banyak sekali variannya, tergantung lokasi dan pemilik lahannya. Dan corak serta karakter batu yang berbeda-beda pula. "Galian Edong itu tidak banyak karena belum tentu setiap bulan ditemukan di galian tanah milik Ki Edong tersebut. Kalaupun ada harga edong perkilo minimal Rp 40 juta, tergantung kelengkapan warna dan motif dalam bongkahannya," tutup Kang Jaka.
 
Sumber : Warung Hobi










Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • jual hair fiber

    benar sekali itu. jika harus berurusan dengan kesehatan ada baiknya selalu memanfaatkan ...

    View Article
  • Dr. louis

    Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ...

    View Article
  • hgh Supplements from Amazon

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE