Banyak Istilah Asing Dikuatirkan Wajah Indonesia Di Ruang Publik akan Hilang

By Redaksi 04 Agu 2017, 00:12:28 WIB | dibaca: 230 pembaca 

Banyak Istilah Asing Dikuatirkan Wajah Indonesia Di Ruang Publik akan Hilang

BOGORnews.com::::Saat ini banyak ruang publik seperti lokasi wisata, hotel, dan restoran yang masih menggunakan bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Jika tidak diatasi dengan segera, wajah Indonesia akan hilang dari ruang publik. Indonesia akan kehilangan identitas diri.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Balai Bahasa Jawa Barat, Muchammad Abdul Khak saat pembukaan sosialisasi pemartabatan bahasa negara di Ruang Publik Kota Bogor yang diselenggarakan di Hotel New Mirah, jalan Pangrango, Kota Bogor, Kamis (03/08/2017).

"Ruang-ruang publik ini sangat tergantung pada kepala daerah sebagai pemilik ruang-ruang publik itu. Tentunya para pemilik hotel, restoran dan lainnya untuk sama-sama menertibkan dan memartabatkan kembali bahasa negara," papar Muchammad.

“Ini sudah menjadi tugas kami. Kami ingin menyadarkan kepada para pengusaha termasuk pemerintah daerah bahwa pengutamaan bahasa negara penting sekali, sebab ruang publik ini merupakan wajah Indonesia. Saya kuatir wajah Indonesia hilang di ruang public sebab tidak ada identitas yang menempel.”

Pihaknya tidak anti bahasa asing. Ia mempersilahkan  saja menggunakan bahasa asing, tetapi tetap utamakan untuk menggunakan bahasa negara (Indonesia),

"Karena memang ruang-ruang publik di negara manapun selain menggunakan bahasa negaranya namun tetap menggunakan bahasa asing. " pintanya.

Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya yang membuka kegiatan tersebut untuk lebih memperhatikan penggunaan Bahasa Indonesia. Mulai dari hal yang sifatnya  teknis seperti penunjukan jalan dan penanda hingga penamaan tempat tersebut.

“Kita akan  melakukan pengawasan melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk penggunaan istilah asing, jika ada yang perlu dikoreksi akan di komunikasikan oleh dua instansi tersebut.”

“Sejauh ini memang belum ada saksi. Namun ke depan, kita memiliki wacana agar ada payung hukum. Mungkin bisa dikeluarkannya Perwali sebagai panduan dalam permartabatan bahasa,” pungkasnya. (Dimas Fery)







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Harga Speaker Aktif

    Harga Speaker Aktif https://goo.gl/KT7Ahy https://goo.gl/snxmFH https://goo.gl/b1QvYs ...

    View Article
  • Harga Speaker Aktif 15 Inch

    Harga Speaker Aktif 15 Inch ...

    View Article
  • Speaker Aktif Simbadda

    Speaker Aktif Simbadda ...

    View Article


BOGOR WEBSITE