Bahas Kebijakan Satu Peta, BiG Gelar Rakor Teknis

By Redaksi 12 Sep 2017, 23:51:02 WIB | dibaca: 130 pembaca 

Bahas Kebijakan Satu Peta, BiG Gelar Rakor Teknis

Deputi Informasi Geospasial Tematik BIG Nurwadjedi

BOGORnews. com  ::: Badan Informasi Geopasial (BIG) menggelar rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) geopasial tematik tahap 2 di Bakorsutanal Jalan Raya Bogor, Senin (11/9/2017)

Rakortek membahas kebijakan Satu Peta 2020-2036 sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 tahun 2016 atau kebijakan satu peta dengan tingkat ketelitian peta skala 1:50.000.

Kepala IGT (Informasi Geopasial Tematik) Adi Rusmanto mengatakan,  sasaran Rakortek Pokja (Kelompok Kerja)  IGT taap ll tahun 2017 lebih melaporkan kebijakan satu peta semester l  tahun 2017 serta penyusunan Grand Design kebijakan satu peta tahun 2020-2036.

Deputi Informasi Geospasial Tematik BIG Nurwadjedi menyebutkan,  kebijakan satu peta (KSP) akan berakhir di tahun 2019. Sebagai langkah lanjutan diperlukan rencana pemetaan KSP jangka panjang tahun 2020-2036.

Diungkapkan,  saat ini KSP berorientasi pada skala peta 1:50.000 sampai dengan 2019. Untuk pembangunan ke depan diperlukan peta skala besar atau lebih detail misalnya untuk peta lautan dan perlu dipikirkan peta tematik bawah tanah. "Kita sekarang belum mengerjakan. Sangat berbahaya jika mau melakukan pembangunan bawah tanah ternyata ada saluran drainase," kata Nurwadjedi

Dijelaskan,  KSP tahun 2016 telah menghasilkan 63 IGT Terintegrasi penuh untuk wilayah Kalimantan, Sumatera, Sulawesi  Bali,  dan Nusantara Tenggara

Kepala BIG Prof. Hasanudin Zaenal Abidin menjelaskan, ina geoportal harus bisa menyaingi google,  Saat ini kita masih menggunakan IGT. Makanya belum bisa update,  " kata dia

Sebelumnya, kata Hasanuddin Abidin, sudah ada usulan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait perlunya Indonesia memiliki peta utilitas bawah tanah.  Dengan peta bawah tanah maka peta kota-kota besar di Indonesia berskala 1:1000 harus tiga dimensi (3D), digital dan masuk bawah tanah.

"Secara teknologi, hal itu bisa dilakukan, banyak tenaga ahli di Indonesia bisa melakukan," pungkasnya. *(ian)






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • Jasa Cuci Sofa

    Salam kenal untuk pemilik webnya. Kontennya bagus banget. ...

    View Article
  • Reviews of essay writing service

    It is truly a nice and helpful piece of information. I am glad that you just ...

    View Article
  • agen judi poker

    Useful info sir.. Thanx for publish this useful Article… ...

    View Article


BOGOR WEBSITE