Bagaimana Menjadi Hotelier ?

By Redaksi 13 Mei 2018, 14:43:04 WIB | dibaca: 90 pembaca 

Bagaimana Menjadi Hotelier ?

foto : Arsip Google

BOGORnews.com ::: Berdasakan keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPTb1987, hotel adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyediaan makanan dan minuman serta jasa lainnya yang dikelola secara komersil. 

Bagi kebanyakan orang menyebut nama hotel yang kita pikirkan adalah sesuatu yang mewah, glamour, pelayanan yang memuaskan. Namun dibalik itu menjadi karyawan hotel susah-susah gampang, jika Anda rajin dan mempunyai bakat yang cocok kemungkinan besar hotel itu akan menerima. Apalagi jika Anda sekolah perhotelan, itu akan mempermudah Anda bekerja menjadi Hotelier. Karena setiap hotel mempunyai kriterianya sendiri.  Menurut Sartika Setyawati salah satu karyawan hotel yang bekerja dibagian front office department mengakatakan “pada dasarnya setiap hotel mempunyai kriteria masing-masing, tapi pasti setiap hotel mempunyai level yang tertentu seperti supervisor, atau manager, mereka pasti akan meminta yang mempunyai pengalaman minimal dua tahun, dapat bekerjasama dalam team, dan mampu menciptakan inovasi yang baru,”.

Jika Anda tertarik untuk menjadi salah satu hotelier, inilah syarat-syarat dasar untuk memenuhi kriteria hotel:

Keramahan, Senyuman, Kenyamanan

Tidak peduli jika Anda sedang ada masalah di rumah, kantor ataupun kalian kesal dengan si tamu seorang hotelier harus tetap ramah terhadap tamu. Sikap ramah ini ditunjukan dengan banyak cara seperti memberikan senyuman, senyuman yang tulus berasal dari hati akan terlihat dari wajah dan mata. Bukan hanya kepada tamu tapi kepada semua karyawan lain juga harus menyapanya. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan “terimakasih”, mungkin itu adalah hal yang sepele namun itu membuat tamu akan merasa lebih dihargai.

Good Looking

Jika Anda ditempatkan dibagian Front Office Department, Anda harus mempunyai penampilan yang menarik pastinya. Seorang karyawan hotel juga harus menjaga penampilannya , dengan tampilan yang menarik tamu akan merasa puas. Bukan berarti harus ganteng dan cantik tapi Anda dituntut untuk rapih dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jika Anda perempuan coba untuk memakai make up dan kuncir rambutnya bila panjang. Dan laki-laki coba untuk memakai bedak dan merapihkan rambutnya agar tidak terlihat berantakan. Good Looking menjadi point penting bagi karyawan hotel karena ini merupakan salah satu dari pelayanan hotel dan tamu yang akan menilai.

Jujur

Kejujuran merupakan sifat dasar yang dimiliki manusia, namun terkadang lingkungan akan merubah sifat jujur ini. Dalam melakukan apapun, lakukanlah dengan kejujuran. Seorang karyawan hotel akan dipercaya jika mengatakan yang sejujurnya. 

Menguasai Bahasa Asing

Menguasai bahasa asing sangat wajib bagi karyawan hotel, minimal bahasa inggris. Tak jarang banyak tamu asing yang akan menginap di hotel. Jika tidak bisa menguasai bahasa asing bagaimana bisa melayani tamu tersebut. Tamu akan kebingungan dan tidak akan menginap di hotel lagi jika seorang karyawan hotel tidak bisa menjawab. Hal ini wajib mengingat pelayanan adalah hal utama bagi hotel.

Tidak takut jijik

Jika Anda ditempatkan sebagai room attendant Anda akan membersihkan kamar, dan juga kamar mandi. Saat Anda membersihkan kamar mandi Anda harus menbuang sampah dan membersihkan toilet bowlnya. Jika Anda merasa jijik, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk menjadi Hotelier.

Professional

Seorang hotelier harus bersikap professional seperti:

  • berani menjadi beda, buat diri Anda lebih menonjol dibanding yang lainnya.
  • Jangan hitung-hitungan soal jam kerja, karena sudah memiliki waktu kerja masing-masing.
  • Selalu melihat segala sesuatunya dari posisi yang positif, meskipun dalam situasi yang sulit.
  • Jadilah problem solver, mampu memecahkan masalah tanpa harus melemparnya ke oranglain dan pastikan jadi orang pertama yang memberikan solusi.
  • Anda juga harus tau pengetahuan atau wawasan seputar dunia perhotelan, dan objek wisata yang ada di daerah sekitar hotel maupun di kota tempat hotel tersebut berada.

Sekolah Perhotelan

Jika Anda lulusan dari sekolah perhotelan, Anda bisa meneruskannya. Karena hotel akan mencari orang yang sudah berpengalaman lebih dulu dibanding orang yang belum berpengalaman sama sekali.

“Awalnya aku ikut casual di beberapa hotel, lalu aku dapat info lowongan kerja dari kaka kelasku untuk bekerja di Batiqa Hotel. Sekarang aku masih casual, sebentar lagi aku diangkat jadi daily worker. Kita harus lihat dulu posisi apa yang kita inginkan di hotel, kita juga harus punya setidaknya sedikit kemampuan dibidang yang kita minati.

Dan juga jangan lupa caritahu latar belakang hotelnya,”. Ujar Ibnu salah satu lulusan sekolah Perhotelan.

Itu adalah syarat dasar menjadi Hotelier, bagaiamana? Apakah Anda tertarik ? jika Anda sudah memenuhi kriteria diatas coba untuk daftar menjadi hotelier, teruslah percaya diri dan gapai impian Anda.

Penulis :
Natasha Nur Ananda, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta











Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • frank

    Ini adalah untuk menginformasikan publik umum laki-laki atau perempuan yang sehat dan ...

    View Article
  • poinqq

    sudah lama gak jalan"ke bogor, bogor apakabar mas? ada yang baru gak mas di ...

    View Article
  • Joe

    I study this text. I suppose You placed a lot of attempt to create this article. I ...

    View Article


BOGOR WEBSITE