Bima Bicara Penanganan Kemiskinan di Oxford University

By Redaksi 28 Okt 2016, 15:12:46 WIB | dibaca: 738 pembaca 

 Bima Bicara Penanganan Kemiskinan di Oxford University

BOGORnews.com ::: Salah satu masalah penangulangan kemiskinan adalah minimnya data akurat yang dimiliki pemerintah daerah. Banyak daerah tidak memiliki data kemiskinan yang up to date. Termasuk diantaranya di Kota Bogor.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dalam kunjungan kerjanya memenuhi undangan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Oxford Inggris Rabu  (26/10/2016).
"Untuk persoalan kemiskinan ini kita perlu data yang update, tentang persepsi yang akurat dan seringkali data yang ada sudah lama, persepsi itu juga tidak jelas"  kata Bima.

Data BPS menyebutkan dari total populasi 1.030.720 jiwa, jumlah angka kemiskinan di kota Bogor tahun 2015 mencapai 9.289 keluarga atau 49.522 jiwa. Populasi ini terbagi dalam tiga kategori yaitu 17.138 orang sangat miskin, 16.167 orang miskin, dan 16.176 orang rentan miskin.

Dalam presentasinya di Trinity College, University of Oxford, Bima mengutip riset yang dilakukan mahasiswi Oxford asal Indonesia, Putu Geniki Lavenia Natih, berjudul "Poverty measurement with Bogor City as a Case Study".

Dalam risetnya, Putu memetakan kemiskinan dengan lebih terarah. Penelitian mahasiswi S3 di Departemen Kebijakan Sosial University of Oxford ini merekomendasikan Pemkot Bogor agar fokus dalam lima area untuk menanggulangi kemiskinan yaitu pendidikan, kesehatan, perumahan layak, bantuan sosial dan penyediaan lapangan kerja.

"Kami berharap dari hasil penelitian ini Bogor dan Oxford bisa membangun komitmen untuk beberapa pilot project pemberantasan kemiskinan. Dengan data yang ada kita intervensi dalam bentuk kebijakan dan hasilnya dikaji oleh Oxford sejauh mana itu efektif," urai Bima.

Sementara itu Putu Geniki berharap kerjasama Oxford dengan Kota Bogor dapat ditingkatkan. "Saya bersama tim riset dan dosen pembimbing ingin membuat pusat riset milik Oxford university yang berpusat di Kota Bogor," harapnya. ***


Sumber : rilis humas Setdakot Bogor







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Media Digital Bogor Radio


>>>Download MDB Radio APP<<<

Script Link MDB Radio

Temukan juga kami di

Jejak Pendapat

Kota Bogor Menurut Anda Saat Ini ?
  Bertambah Indah
  Bertambah Bersih
  Bertambah Macet
  Tidak Perduli

Komentar Terakhir

  • newbie anyar

    Boleh minta bantuannya kak ? Masih baru dalam dunia bitcoin ini nih.bukan mau minta ...

    View Article
  • Software Accounting

    Nah, bagus nih,,, Bisa buat meminimalisir kecurangan para wajib pajak... dan tentunya ...

    View Article
  • Cetak Spanduk

    Waduuh,, menyalahi aturan tuh. Mana spanduk rokoknya dicetak dalam ukuran yang besar ...

    View Article


BOGOR WEBSITE