Aplikasi Online Meeting

By Tutang MM 05 Nov 2021, 09:15:04 WIB | dibaca: 95 Teknologi

Aplikasi Online Meeting

Media Digital Bogor

BOGORNews.com ::: Sebagaimana kita ketahui dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) membawa perubahan signifikan pada proses penyampaian informasi kepada masyarakat. Dengan teknologi informasi dan komunikasi yang disampaikan kepada masyarakat selain berupa audio juga sudah dengan gambar bergerak atau video.

Video Conference dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi bisa berjalan dengan sempurna baik berupa tek, audio maupun video dan audio. Jadi Video conference merupakan seperangkat teknologi informasi dan telekomunikasi interaktif  dimana berkomuniksinya dua pihak atau lebih di lokasi berbeda. Selain itu dengan teknologi tersebut kita dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Sehingga dengan video conference tersebut kita bisa melakukan komunikasi dua arah lebih dari dua orang dengan tempat dan lokasi yang berbeda bahkan berjauhan. Dengan kata lain kita bisa melaksanakan meeting online dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut tanpa batas ruang dan waktu.

Sebenarnya konsep video conference sama seperti percakapan antara dua orang (point-to-point) atau melibatkan beberapa tempat (multi-point) dengan lebih dari satu orang dengan bahwa bisa melakukan presentasi sepereti layaknya meeting offiline saja. Selain itu, kita juga bisa melakukan pengiriman video dan audio dari kegiatan pertemuan tersebut. Jadi dengan teknologi saat ini kita bisa meeting online, seminar online, berbagi dokumen, slide presentasi,  papan tulis dan sebagainya.

Jadi istilah “video conference” saat ini sudah tidak asing lagi di telinga kita bahkan mulai anak Sekolah Dasar, universitas bahkan karyawan diseluruh dunia sudah terbiasa menggunakan teknologi tersebut, terutama dimasa pandemi Covod-19 seperti sekarang ini. Selain itu, para karyawan, pegawai pemerintah, BUMN kini sudah mulai terbiasa bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home). Dengan WHF tersebut aplikasi video conference yang digunakan antara lain Google MeetZoom MeetingSkypeJitsi Meet, dan sebagainya.  Di Indonesia sendiri ada beberapa aplikasi video confenece seperti dijelaskan di atas dan banyak digunakan di Indonesia.






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Video Terbaru

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Iklan Bogor News